Sikap Pasif Ma’aruf Dalam Debat Pilpres 2019 Jadi Sorotan Berita Nasional

Di dalam berita nasional terbaru, acara debat pertama Pilpres 2019, performa calon wapres nomor urut 1 Ma’ruf Amin jadi sorotan banyak pihak. Hal ini dikarenakan Ma’ruf bersikap pasif dan tak banyak bicara sepanjang acara.

Berita nasional harian terkait debat pilpres 2019

Di dalam berita nasional terbaru, acara debat pertama Pilpres 2019, performa calon wapres nomor urut 1 Ma’ruf Amin jadi sorotan banyak pihak. Hal ini dikarenakan Ma’ruf bersikap pasif dan tak banyak bicara sepanjang acara.

Dua Pengamat Politik Mengungkapkan Opininya

Adi Prayitno, pengamat politik dari UIN (Universitas Islam Negeri) Syarif Hidayatullah, menyatakan maklum atas sikap pasif dan tak banyak bicara Ma’ruf yang jadi perbincangan. Soalnya, orang-orang tidak menilai esensi dari debat itu sendiri. Mereka menilai dari peran dan porsi berbaginya.

Menurut Adi, Ma’ruf memiliki pemahamanan sangat baik segi pemerintahan dan kenegaraan, terutama bidang hukum. Ini tak lepas dari perjalanan panjangnya di ranah politik. Maklum Ma’ruf sempat menjadi anggota legislatif zaman Orba (Orde Baru).

Sikap Ma’ruf merupakan bagian dari strategi Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk menyiasati waktu debat yang terbatas. Memang, sikap Ma’ruf tidak merugikan tapi juga tidak menguntungkan Jokowi.

Adi yakin TKN akan melakukan evaluasi terhadap performa Ma’ruf sesuai hasil survei pasca-debat. Jika disukai akan dipertahankan, jika tidak disukai akan diubah. Namun, ia mengatakan kubu Jokowi-Ma’ruf akan rugi jika performa Ma’ruf masih tetap dipertahankan di debat-debat selanjutnya.

Sementara itu, dalam berita nasional juga, Pangi Syarwi Chaniago, Direktur Eksekutif Voxpol Center Research, menyatakan performa Ma’ruf pada debat pertama merugikan kubu Jokowi. Kenapa? Akan muncul kekhawatiran masyarakat, antara Jokowi dan Ma’ruf tidak bisa berbagi peran di pemerintahan nantinya.

Ia merasa peran Ma’ruf wajib dioptimalkan dalam debat. Jelas, hal itu bertujuan untuk meraup suara lebih banyak lagi, khususnya dari calon pemilih yang belum memutuskan memilih paslon.

Sikap pasif Ma’ruf berbanding terbalik dengan Sandiaga Uno yang bersikap aktif melengkapi Prabowo Subianto.

 

TKN Mengaku Sikap Pasif Ma’ruf Sesuai Strategi

Hasto Kristiyanto selaku sekretaris TKN Jokowi menyatakan sikap pasif Ma’ruf memang sesuai strategi. Menurut berita nasional, pembagian tugasnya begitu.

Sementara itu, Romahurmuziy selaku dewan penasihat TKN akan menghimpun tim untuk melakukan evaluasi terhadap manajemen waktu bicara bagi Ma’ruf di debat berikutnya. Hal ini akan menjadi fokus TKN.

Comments

No Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

admin
Recent posts