Mengenal Jenis – Jenis Ecommerce Enabler

Ecommerce enabler  merupakan perdagangan elektronik yang penjualan, pembelian, penyebaran hingga pemasaran dan jasanya memanfaatkan kecanggihan sistem elektronik seperti jaringan komputer, televisi dan juga internet. Biasa disebut juga dengan e – commerce.

website ecommerce

Ecommerce enabler  merupakan perdagangan elektronik yang penjualan, pembelian, penyebaran hingga pemasaran dan jasanya memanfaatkan kecanggihan sistem elektronik seperti jaringan komputer, televisi dan juga internet. Biasa disebut juga dengan e – commerce.

Perdagangan internet ini ada kaitannya dengan pertukaran data elektronik dan juga melakukan pengiriman dana menggunakan sistem manajemen secara otomatis. Perdagangan ini merupakan satu diantara yang sering dan banyak digeluti oleh masyarakat khususnya Indonesia karena mampu memberikan hasil yang menjanjikan.

Berikut merupakan jenis – jenis dari perdagangan elektronik / internet, antara lain:

  1. E – Commerce B2B

B2B merupakan kepanjangan dari business to business yang dilakukan oleh orang atau organisasi yang mempunyai kepentingan dalam menjalankan sebuah bisnis yang mana keduanya mempunyai pengetahuan sehingga mengetahui proses yang harus dilalui dalam bisnis ini.

Jenis B2B ini dilakukan dengan cara yang berkelanjutan dikarenakan kedua belah pihak  mempercayai satu sama lainnya yang juga menguntungkan keduanya tentunya. Contoh sederhana dari jenis ecommerce enabler ini adalah saat dua buah perusahaan mengadakan suatu kerjasama atau transaksi secara online begitupun dengan sistem pembayarannya yang dilakukan juga secara elektronik menggunakan credit card.

  1. E – Commerce B2C

Jenis yang berikutnya ini merupakan kepanjangan dari business to consumer yang merupakan perlakuan bisnis antara pelaku bisnis dengan konsumennya. Contohnya seorang produsen yang menjual sebuah produk kepada konsumen atau customer-nya secara online. Pelaku bisnis akan memasarkan produknya kepada konsumen tanpa adanya feedback dari konsumennya kembali untuk melanjutkan kegiatan bisnis tersebut. Maksudnya, seorang produsen hanya bertugas untuk memasarkan barang atau produk yang dimilikinya. Sedangkan untuk konsumennya hanya menjadi pembeli atau pemakai dari apa yang dipasarkan oleh produsen ecommerce enabler.

  1. E – Commerce C2C

Jenis yang ketiga yaitu ecommerce consumer to consumer yang dilakukan antara konsumen dengan konsumen lainnya. Misalkan saja, konsumen dari sebuah produk atau suatu produsen akan melakukan pemasaran kembali produk tersebut ke konsumen yang lain.

  1. E – Commerce C2B

Yang terakhir merupakan kepanjangan dari ecommerce consumer to business yang dilakukan antara konsumen dengan produsennya. Bisnis ini dilakukan oleh seorang konsumen kepada produsen yang memasarkan barang atau jasa. Contoh sederhana yang bisa Anda pahami ialah ketika konsumen menyampaikan detail keinginannya terhadap suatu barang yang dilakukan dengan cara elektronik atau online kepada produsen. Dari sana, produsen akan langsung mengetahui keinginan konsumen terhadap produk yang dipasarkan oleh produsen.

Itulah jenis – jenis dari ecommerce enabler yang kini telah Anda kenal dan ketahui! Melakukan bisnis seperti ini memang membutuhkan sebuah kepercayaan yang besar jadi alangkah baiknya dilakukan oleh kedua pihak yang saling mengenal sehingga bisa mempercayai satu dan yang lainnya.

Comments

No Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

admin
Recent posts