6 Masalah yang Harus Dihadapi saat Pemasangan PJU Tenaga Surya

PJU tenaga surya merupakan komponen penting dalam menjaga keamanan pengguna jalan saat melakukan perjalanan di malam hari. Kehadirannya benar-benar dapat membantu membuat jalanan menjadi lebih terang. Plusnya lagi, untuk memasang model lampu penerang jalan ini juga tidak sulit dan relatif lebih hemat karena tidak bergantung lagi pada PLN sebagai sumber energinya, tetapi sinar matahari yang bisa diperoleh secara gratis. Tak heran jika banyak pemerintah daerah yang kemudian memanfaatkannya. Hanya saja, dalam aplikasinya, terjadi banyak sekali permasalahan yang muncul terkait pemasangan lampu PJU dengan mengambil tenaga surya.

PJU tenaga surya

PJU tenaga surya merupakan komponen penting dalam menjaga keamanan pengguna jalan saat melakukan perjalanan di malam hari. Kehadirannya benar-benar dapat membantu membuat jalanan menjadi lebih terang. Plusnya lagi, untuk memasang model lampu penerang jalan ini juga tidak sulit dan relatif lebih hemat karena tidak bergantung lagi pada PLN sebagai sumber energinya, tetapi sinar matahari yang bisa diperoleh secara gratis. Tak heran jika banyak pemerintah daerah yang kemudian memanfaatkannya. Hanya saja, dalam aplikasinya, terjadi banyak sekali permasalahan yang muncul terkait pemasangan lampu PJU dengan mengambil tenaga surya. Berikut ini beberapa permasalahan yang biasanya muncul tersebut hingga menimbulkan kerugian dalam berbisnis.

  1. Tingkat Penerangan Cahaya Tidak Stabil

Karena mengandalkan pasokan sinar matahari, maka tingkat penerangan cahaya lampunya menjadi tidak stabil. Semua sangat tergantung dari banyaknya sinar matahari yang berhasil ditangkap dan disimpan dalam panel. Jika cuaca di siang hari sedang mendung, sudah pasti sinar matahari yang tersimpan akan sedikit sehingga menyebabkan tingkat penerangan menjadi kurang. Tidak hanya itu, bahkan terkadang penerangan sinar lampu tersebut tidak bisa bertahan hingga waktu pagi harinya.

  1. Terjadinya Kerusakan Awal pada Baterai

Pada umumnya, kerusakan awal terjadi pada baterai. Padahal, jika baterai rusak, maka penangkapan sinar matahari pun menjadi terhambat. Ini artinya, tidak ada sinar matahari yang berhasil disimpan atau misalnya ada sangatlah sedikit. Akibatnya sudah bisa ditebak, lampu PJU menjadi tidak menyala.

  1. Lampu LED Rusak Lebih Awal dari Perkiraan

Tidak hanya baterai, terkadang lampu LED juga bisa rusak sebelum waktu yang diperkirakan. Ada banyak penyebab mengapa lampu LED menjadi rusak, mulai dari karena ada faktor luar yang merusak atau memang dari pabriknya sudah tidak kondisi sempurna. Padahal, lampu LED rusak, jelas tidak akan mampu menyala meskipun banyak sinar matahari yang berhasil ditangkap dan disimpan.

  1. Hilangnya Beberapa Komponen

Karena berada di luar ruangan, maka sangat rentan menjadi objek pencurian dari orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga, beberapa komponennya yang hilang jelas akan membuat kinerja lampu penerang jalan tersebut menjadi tidak maksimal, bahkan mati sama sekali.

  1. Layanan Maintenance yang Dilakukan setelah Masa Garansi

Pemeliharaan seharusnya dilakukan setiap saat untuk menjaga agar alat tetap dapat berfungsi dengan baik. Sayangnya, banyak yang mengabaikan hal tersebut dan hanya melakukan maintenance hanya setelah masa garansi habis.

  1. Terjadinya Kesalahan Desain Sistem maupun Penggunaan Peralatan

Banyaknya alat pendukung dalam alat ini membuat banyak produsen yang membuat beragam alat pendukung tersebut dengan berbagai desain, mulai dari panel, baterai, sistem kontrol, hingga kabelnya. Hanya saja, tidak semua peralatan tersebut mempunyai kualitas tinggi. Padahal, memilih desain sistem yang salah akan membuat alat ini tidak berfungsi maksimal. Begitu juga dengan cara penggunaan peralatan yang salah membuat PJU tenaga surya tidak bekerja dengan baik.

Comments

No Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

admin
Recent posts